SK 1076 Tahun 2017 Peta Kawasan Hutan Sumatera Utara

Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SK.1076/MENLHK-PKTL/KUH/PLA.2/3/2017 tanggal 13 Maret 2017 tentang Peta Perkembangan Pengukuhan Kawasan Hutan Provinsi Sumatera Utara Sampai Dengan Tahun 2016 adalah Peta Perubahan Kawasan Hutan Provinsi Sumatera Utara menurut SK 579. Jadi terbitnya Surat Keputusan ini bukan secara serta merta menghapus Surat Keputusan Menteri LHK Nomor 579 tahun 2014 tentang Kawasan Hutan Provinsi Sumatera Utara, melainkan merupakan Juncto (jo) dari perubahan SK 579 tahun 2014.

Seperti diketahui sejarah kawasan hutan di Provinsi Sumatera Utara telah melewati beberapa masa perubahan yang dimulai pertama sekali sebelum tahun 1980-an dengan menggunakan Peta Register sebagai penetapan kawasan hutan. Selanjutnya pada tahun 1982 berubah lagi dengan menggunakan Peta Tata Guna Hutan Kesepakatan (TGHK). Kawasan hutan TGHK ini kemudian bertransformasi lagi menjadi SK 44 tahun 2005 tahun 2014 yang sebenarnya masih mirip dengan batas TGHK.

SK 44 tahun 2005 pada saat itu banyak menuai kontroversi karena masyarakat secara umum masih mengakui Peta Register yang dipakai sejak jaman pemerintahan Belanda. Hal ini pula yang banyak menghambat kegiatan pembangunan Kabupaten/Kota karena banyak lahan-lahan yang dikelola dan diusahai oleh masyarakat sejak turun temurun menjadi disebut Kawasan Hutan.

Jika ditelusuri kembali banyak pula pejabat berwenang bahkan kepala daerah yang tersangkut kasus hukum karena Surat keputusan ini, dengan dalil melakukan perambahan kawasan hutan dan menduduki kawasan hutan tanpa legalitas dari pejabat berwenang. Jerat hukum ini semisal melakukan pembukaan jalan di kawasan hutan, pembangunan fisik di kawasan hutan dan memberikan izin di kawasan hutan.

Peta perkembangan pengukuhan kawasan hutan Provinsi Sumatera Utara ini memuat informasi.

  1. Penunjukan kawasan hutan.
  2. Penataan batas kawasan hutan.
  3. Penetapan kawasan hutan.

Adapun batas kawasan hutan yang diperlihatkan menurut Penunjukan Kawasan Hutan pada peta ini adalah batas kawasan hutan berdasarkan dokumen penunjukan kawasan hutan provinsi dan perubahannya.

Batas kawasan hutan menurut Penataan Batas Kawasan Hutan dan Penetapan Kawasan Hutan pada peta ini adalah batas kawasan hutan berdasarkan dokumen tata batas.

SK 903 tahun 2016
Klik Warna Peta Untuk Fungsi Kawasan Hutan

Peta Web GIS diatas dibuat dengan menggunakan Google Maps Java Script.

Untuk menggunakan fungsi Geocode lakukan dengan meng-input koordinat Lat/Long dalam nilai Derajat Menit Detik (DMS). Praktek penggunaan silahkan mencoba input (copy paste) nilai kordinat berikut:

N2 57 46.75, E99 43 25.99 PENTING: Input kordinat lat/long diawali dengan satu spasi
Catatan: Update terbaru untuk peta kawasan hutan Sumatera Utara sampai tahun 2019 saat ini telah mempedomani SK.8088 Peta Kawasan Hutan Sumatera Utara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SK 1076 Tahun 2017 Peta Kawasan Hutan Sumatera Utara"

Post a Comment